8 Cara Melakukan Vaksinasi Ayam Bangkok

8 Cara melakukan vaksinasi ayam bangkok.Memberikan vaksin pada unggas atau pada ayam bangkok merupakan hal yang wajib kita lakukan untuk menangkal datangnya sebuah penyakit yang tidak kita inginkan.Vaksinasi sendiri adalah cara memasukan sebuah bakteri atau bibit penyakit yang sudah di lemahkan pada badan ayam.

Advertisement

Cara kerja vaksin sendiri sebenarnya sebagai rangsangan antibodi pada tubuh ayam agar semua penyakit di di basmi sesuai vaksin yang kita berikan pada ayam tersebut.Segala jenis penyakit pada unggas,sudah banyak tersedia vaksinnya yang bisa kita peroleh di toko kusus unggas.

Umur ayam yang pas untuk kita berikan vaksin adalah ketika ayam telah berusia 7 hari.dan pemberian vaksin untuk ayam yang sudah dewasa bisa kita berikan pada ayam yang telah berumur 7 bulanan.namun jika kita memberikan vaksin tidak berkala dan cuma sembarangan saja,bisa-bisa malah menyebabkan toksin.

Dengan kita melakukan vaksin pada ayam,secara otomatis akan meningkatkan kekebalan pada tubuh ayam terhadap jenis penyakit sesuai vaksin yang kita berikan.sebaiknya vaksin di berikan pada ayam yang sehat,pemberian vaksin pada ayam yang sakit,malah bisa menyebabkan kematian pada ayam tersebut.8 Cara melakukan vaksinasi ayam bangkok

8 cara melakukan vaksinasi ayam bangkok antara lain sebagai berikut.

Tetes mata.

Advertisement

Cara ini di lakukan dengan cara melakukan vaksin pada matanya.cukup di teteskan.

Tetes hidung.

Cara ini di lakukan dengan cara meneteskan vaksin ke hidung ayam.

Vaksin Mulut.

Cara ini di lakukan dengan cara meneteskan vaksin dalam mulut ayam dengan cara melakukan cekokan sampai vaksin tertelan.

Vaksin suntik Daging.

cara ini di lakukan dengan cara menyuntik daging ayam.penyuntikan di lakukan tepat pada dada serta paha ayam.

Vaksin suntuk bawah kulit.

Cara ini di lakukan dengan cara melakukan vaksinasi suntikan di bawah kulit daging ayam.vaksin di suntikan di leher ayam.

Vaksin melalui pakan dan minum.

Cara ini di lakukan dengan cara mencampurkan vaksin ke dalam pakan dan minuman ayam.sebaiknya di lakukan pada pagi hari,serta hindari dari sinar matahari langsung.sebaiknya ayam di puasakan terlebih dahulu agar vaksin cepat habis di minum.

Vaksin melalui semprot.

Cara melakukan veksin dengan cara menyemprotkan ini di lakukan pada anak ayam yang masih umur 1 sampai 2 hari.cara pelaksanaanya cukup menyemprotkan vaksin menggunakan sprayer dengan secara merata.

Vaksin tusuk sayap.

Cara melakukan vaksin tusuk sayap dengan cara menusukan jarum ke bagian selaput sayap ayam.peralatan yang di gunakan adalah jarum yang memiliki cabang dua.

Baca Juga: Ayam bangkok turun urat penyebab dan cara mengatasinya

Untuk melakukan vaksin pada ayam,sebaiknya di baca petunjuk pemakaianya terlebih dahulu.ikuti sesuai petujuk dalam kemasan agar sesuai apa yang kita harapkan..semoga berguna..

loading...

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.