Cara Alternatif Menetaskan Telur Ayam Bangkok

Cara alternatif menetaskan telur ayam bangkok.Banyak cara untuk kita bisa menetaskan telur ayam bangkok.selain yang alami di engkrami induknya,kita juga bisa menggunakan media alat penetas telur untuk bisa menetas telur-telur ayam bangkok tersebut.

Advertisement

Langkah pertama yang perlu anda siapkan anda dengan cara membuat sarang sebagai tempat bertelur indukan tersebut.sebaiknya dalam membuat dan meletakan sarang tempat telur ayam bangkok,letakan pada area yang teduh,jangan terkena sinar matahari langsung.tempat juga lokasi juga harus memiliki sirkulasi udara yang bagus.dengan demikian,nantinya induk akan sangat betah untuk mengerami telurnya.

Untuk bahan sarang betelurnya sendiri,kita bisa menggunakan tempat berupa boks atau kayu yang kita desai menjadi segi empat.untuk ukuran sesuaikan saja sendiri,asalkan muat dan tidak terlalu sempit untuk indukan ayam bangkok tersebut mengeram

Jika induk sudah mulai mengeram,hal pertama yang perlu anda lakukan adalah hama serta kutu yang bakal menyerang.untuk mencegah serta mengusir kutu menyerang saat induk ayam mengerami telurnya,kita bisa menggunakan bahan yang cukup mudah dan gratis.yaitu cukup cari daun tembakau saja.cara alternatif menetaskan telur ayam bangkok

Daun tembakau tersbebut anda campur dengan jerami kira-kira satu genggam,selanjutnya bisa anda taburkan atau letakan di sekeliling area induk ayam mengeram.selain ampuh,cara ini juga gratis,tidak perlu kita membeli obat pembasmi kutu,gunakan secara alamiah saja.

Advertisement

Nah,jika kita ingin cara alternatif yaitu dengan menggunakan alat penetas telur,sebaiknya telur yang akan kita tetaskan kita seleksi terlebih dahulu,hal ini untuk menyaring telur yang rusak,pecah,busuk agar tidak kita ikut sertakan dalam penetasan.

Telur yang akan kita tetaskan haruslah bersih,tidak kotor,tidak ada bekas kotoranya.dalam suhu untuk melakukan penetasan telur ini,suhu yang di gunakan adalah 36 sampai 39Cc jangan sampai kuran dan lebih dari derajat tersebut.untuk kelembapanya bisa menggunakan 80-100%.

Jangan lupa untuk kita tetap memeriksa telur tersebut baik yang di erami induknya maupun yang ada di penetasan.setelah telur sudah 4 hari di erami,kita sudah bisa mengecek dengan cara meneropong telur tersebut dengan cara menggunakan kertas yang kita gulung bulat seukuran telur,lalu intip telur menggunakan matahari atau lampu senter.

Jika telur tersebut baik,dalam hari ke 6 saja,biasanya sudah ada pembulu darah di dalam telurnya yang berupa garis-garis merah.itu tndanya telur terbuahi secara sempurna dan tingkat keberhasilanya mencapai 90% tulur tersebut akan jadi.dengan catatan,suhu waktu pengeraman tetap setabil sampai telur tersebut menetas.

Usahakan induk waktu mengerami telurnya,jangan terlalu lama meninggalkan telurnya,jika induk lama meninggalkan telur yang sedang di engkrami,suhu telur akan berubah-ubah,dengan demikian akan mengakibatkan telur tidak jadi akibat perubahan suhu yang drastis.

Baca Juga: Menjodohkan dan mengawinkan ayam bangkok

Demikian sedikit penjelasan tentang cara alternatif menetaskan telur ayam bangkok dengan benar dan mudah kita pelajari walaupun anda sebagai pemula sekalipun.semoga berguna…

loading...

Discussion

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.