Cara Cepat Mengawinkan induk Ayam Serama Muda

Cara cepat mengawinkan induk ayam serama muda-Ayam serama jantan bisa mengawini induk betina hingga 4 ekor dalam satu kandang umbaran.akan tetapi,lebih bagusnya jika ayam jantan serama di kawinkan dengan satu ekor induk betina secara bergantian supaya induk jantan tersebut lebih fokus terhadap pasanga nya.

Advertisement

Setelah kita menyatukan ayam induk ayam serama dalam satu kandang umbaran,biarkan ayam tersebut kawin dengan sendirinya.biasanya sang induk jantan akan langsung menggoda induk betina begitu kedua induk tersebut kita satukan.Cara Cepat Mengawinkan induk Ayam Serama Muda

Perlu di ingat,dalam melakukan perkawinan ayam serama,pastikan induk tersebut sudah memiliki umur satu tahun bisa lebih.hal ini di lakukan agar sela telur mampu di buahi induknya dengan sempurna.tingkat keberhasilan juga akan lebih besar jika kita bandingkan dengan induk yang belum ada satu tahun.

Dalam kandang umbaran,sebaiknya langsung kita lengkapi dengan tempat bertelur yang bisa kita buatkan kotak kayu dan di alasi jerami agar nantinya ayam serama bisa bertelur setelah melakukan perkawinan..

Advertisement

Akan tetapi,jika dalam satu kandang umbaran kita memiliki 2 sampai 4 ekor betina dengan satu jantan,maka siapkan tempat bertelur sesuai jumlah induk ayam tersebut.agar nantinya masing-masing induk tidak menggangu induk lain yang sudah bertelur duluan.

Jika selama satu bulan bahkan lebih induk ayam serama tidak menghasilkan telur setelah melakukan perkawinan,maka induk betina tersebut kita pastikan gagal bertelur.hal ini bisa saja akibat belum siapnya indukan tersebut.

Proses perkawinan ini hampir sama dengan ayam kampung biasa,induk serama juga akan menetaskan telurnya selama 20 sampai 22 hari setelah melakukan proses menggengkrami.bisa juga.,setelah induk betina bertelur,telur langsung kita ambil untuk di tetaskan di mesin penetas telur.hal ini juga lebih cepat jika di banding induk menggengkrami telurnya sendiri.

Saat induk sudah melakukan perkawinan dan berhasil bertelur,berikan pakan yang banyak mengandung protein tinggi untuk menunjang sel telur ayam serama agar bisa terbuahi secara sempurna.

Melakukan pengamatan dan perawatan penting kita lakukan supaya tingkat keberhasilan lebih tinggi.namun jika kita biarkan saja,tanpa adanya pengawasan,perawatan dari mulai berjodoh sampai induk bertelur dan engkram,maka hasil nantinya juga akan mengecewakan,

lakukan perawatan dengan teliti dan kusus agar nantinya ayam tersebut juga akan memberikan yang setimpal bagi juraganya yang selama ini merawatnya..semoga membantu..

loading...

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.