Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 0 sampai 3 Bulan

Merawat anak ayam bangkok umur 0 sampai 3 bulan.Jika anda kesulitan dalam merawat anak ayam bangkok atau bakalan ayam bangkok,tepat anda membaca artikel ini,sebab kali ini saya akan membahas cara merawat anak ayam bangkok umur 0 sampai 3 bulan.sebab dengan memberikan perawatan secara kusus pada anakan ayam bangkok kita,nantinya anakan tersebut bisa menjadi ayam juara.

Advertisement

Sangat mudah sebenarnya untuk merawat anak ayam bangkok untuk kita jadikan ayam berkualitas nantinya,selain dari vaktor pakan yang sesuai standar ayam tersebut,teknik serta cara kita merawat juga akan memberikan kontribusi penting untuk kelangsungan dan kehidupan anak ayam bangkok tersebut.

Pada anak ayam bangkok yang langsung di pisahkan dari induknya sejak mulai mengeram,sebenarnya lebih bagus dari pada anakan tersebut di asuh oleh induknya.selain akan lebih cepat belajar mandiri,ia juga akan belajar bertahan hidup dan tidak selalu mengantungkan dari sang induknya.

Usahakan untuk kita memisahkan anakan ayam bangkok secapat mungkin,jika perlu,kita pisahkan sawaktu anakan tersebut sehabis menetas,kita biasa buatkan bok kusus anakan yang nantinya sember penghangatnya bisa menggunakan bola lampu.dengan demikian,tak lama kemudian,sang induk agar segera bertelur kembali.cara lebih cepat 5 kali jika kita anakan di asuh induknya sampai ia menyapihnya.merawat anak ayam bangkok umur 0 sampai 3 bulan

Yang perlu di siapkan dalam merawat anakan ayam bangkok adalah kandang yang kita bikin bisa berupa bok dan kandang postal.nah jika untuk indukan ayam yang sudah dewasa,bisa kita buatkan kandang berupa Ren atau kandang umbaran sebagai tempat perkawinan mereka.

Advertisement

Anak ayam yang sudah berumur 1 sampai 4 hari,kita bisa menampatkan anakan tersebut pada kandang boks,untuk lantai kandang maupun dinding kandang,kita bisa menggunakan kayu atau bambu,kusus untuk lantainya,kita berikan jarak kusus,agar kotoran ayam bisa keluar dan tidak menumpuk di dalam kandang.

Untuk anak ayam yang masih kecil untuk menjaga kotoran serta sisa pakan yang menumpuk dan bisa mengakibatkan gas amonia.sebaiknya alas kandang anakan kita berikan kertas karton atau koran yang bisa kita ganti setiap harinya.

Untuk anakan yang masih membutuhkan kehangatan,sebaiknya di dalam kandang kita pasangi pemanas buatan berupa bola lampu yang watnya agak tinggi,hal ini untuk menjaga anakan ayam tetap hangat dan tidak kedinginan saat malam hari.

Nah,jika ayam sudah berumur 2 sampai 3 bulan,sebaiknya di buatkan kandang yang berupa ren.sebab ayam yang berumur 2-3 bulanan,sangat membutuhkan kandanh yang lebih luas untuk bisa bergerak secara bebas dan melatih otot-ototnya agar tetap bergerak.jangan lupa juga,buatkan tenggeran ayam agar ayam bisa melakukan olah raga dengan cara turun naik tenggeran.

Untuk kandang umbaran anakan maupun ayam dewasa,ukuranya sesuaikan dengan jumlah ayam.jangan sampai sempit ayam berada di dalam kandang umbaran,hal ini untuk tetap melatih geraknya ketika ayam berada dalam kandang umbaran.

Baca Juga:  Cara alternatif menetaskan telur ayam bangkok

Jika ayam tersebut sudah mencapai umur 8 bulanan,sebaiknya jangan selalu di satukan,pisahkan atau lepaskan saja,sebab ayam yang berumur 8 bulan sudah memiliki sifat bertarung dan garang,ayam yang lemah pasti akan di bantainya di dalam kandang umbaran tersebut,dan yang lemah akan semakin tersiska,hal ini bisa menyebabkan turunya mental ayam,dan untuk memulihkanya,cukup waktu serta perawatanya yang lama…semoga berguna…………

Advertisement
Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 0 sampai 3 Bulan | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.