Pakan Ayam Petelur Dewasa Siap Produksi

Pakan ayam petelur dewasa siap produksi – Pakan untuk ayam petelur juga di sesuaikan dengan usia dari pada ayam tersebut.pakan bibit dan pakan ayam petelur dewasa yang sudah masa reproduksi juga berbeda,sebab semua di sesuaikan dengan kebutuhan yang di perlukan..

Advertisement

Saat ayam petelur telah mencapai umur 18 minggu,di masa inilah ayam telah menjadi ayam dara yang sudah siap memproduksi telur setiap harinnya..pakan ayam dara atau bisa di sebut pullet yang ayam telah di pelihara pada kandang baterai..Pakan Ayam Petelur Dewasa Siap Produksi

Ada beberapa pakan yang mampu mendorong masa reproduksinya lebih cepat dan tergolong banyak.juragan di rumah bisa memberikan pakan berupa pabrikan,yang bisa di campur menggunakan dedak dengan dosis komposisi 77:25 ..

Selain pakan pabrikan,juragan bisa membuat pakan berupa racikan kusus yang berupa Konsentrat-jagung-dedak dengan perbandingan 30:35:35.

Pakan yang kita berikan setiap hari untuk satu ekor ayam biasa di sesuaikan dengan takaran,juragan bisa memberikan sebanyak 75 Gram untuk perharinnya setiap satu ekor ayam dewasa.nah,ketikan induk ayam tersebut sudah masa produksi,pakan yang kita berikan setiap harinya bisa kita tambah menjadi 80 gram setiap hari..

Advertisement

Dimasa tahap reproduksi ini,induk ayam akan sangat membutuhkan banyak energi sebagai pendorong masa reproduksinya supaya di hasilkan telur yang banyak dan memiliki kualitas bagus..

Pemberian pakan tambahan..

Pakan tambahan juga wajib kita berikan ketikan induk ayam sudah mulai reproduksi,bukan hanya kita berikan pada ayam dara saja,pakan tambahan tersebut bisa berupa pakan hijauan sebanyak 15 persen yang bisa kita campurkan pada pakan utama.

Pakan tambahan ini bisa juragan berikan cukup 5 atau satu minggu sekali saja.Namun ketika induk ayam sudah memasukkan masa reproduksi yang bagus,maka tidak memerlukan pakan tambahan lain,cukup kita berikan pakan-air dan ramuan herbal saja untuk menjaga daya tahan tubuhnya..

Ini semua untuk menjaga ayam menjadi stres,supaya induk ayam hanya lebih fokus menghasilkan telur sja setiap harinya..

Pemberian Hebal kusus.

pemberian herbal juga penting untuk masa tahap ini.pemberian herbal harus kita berikan secara bertahap dan teratur.sebagai contoh,misal 3 hari kita berikan herbal kusus,dan 3 hari kemudian kita berikan air minum biasa.

Suhu Dan Penyinaran ayam petelur.

Setelah induk ayam masuk masa reproduksi,induk ayam memerlukan penyinaran yang cukup,maksimal satu hari bisa kita berikan sinar 15 jam yang 12 jam bisa dari matahari langsung dan sisanya 3 jam bisa kita berikan penyinaran menggunakan lampu pijar..

Waktu pemberian penyinaran ketikan ayam sudah mulai masuk masa reproduksi sampai ayam sudah kita anggap tidak mampu untuk bertelur lagi atau yang bisa di sebut afkir….salam..

loading...

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.