Cara Menetaskan Telur Ayam Bangkok

Cara menetaskan telur ayam bangkok – Setelah siap bertelur,selanjutnya induk ayam bangkok akan mengeram kurang lebih selama 20-22 hari.jika telur yang di engkrami induk sudah melebihi 22 hari,maka sudah bisa di pastikan,jika telur tersebut gagal menetas..

Telur ayam bangkok yang tidak menetas bisa saja di pengaruhi oleh banyak faktor,salah satunya adalah Suhu di sekitar induk mengeram,bahan sarang yang kita gunakan dan induk yang kurang nyaman saat mengeram..Ketiga faktor itulah yang sering mempengaruhi kualitas telur gagal untuk menetas..

Sebelumnya,juragan wajib membuat kotak sarang yang bisa terbuat dari bahan papan dan di alasi jerami,buatlah kota yang seukuran induk mengeram,jangan terlalu lebar dan jangan juga terlalu sempit.Kotak yang kita buat juga memiliki pengaruh bagi kualitas telur yang akan di hasilkan..Cara Menetaskan Telur Ayam Bangkok

Untuk ukuran kotak,silahkan juragan sesuaikan sendiri sesuai ukuran induk ayam tersebut,alasi menggunakan jerami kering yang mampu menyimpan pas dan sangat bagus untuk menetralkan suhu saat induk mengeram..

Penyebab Telur Ayam bangkok gagal menetas.

Sesuai penjelasan di atas,jika kegagalan dalam menetaskan telur di pengaruhi oleh 3 faktor,Suhu,tempat yang kita gunakan dan keyamanan dari pada sang induk saat mengeram.Jika induk kurang nyaman,maka ia akan selalu pergi meninggalkan telur,jadinya,suhu yang di butuhkan telur menetas tidak stabil..

Jadinya,telur akan gagal menetas.Penyebab induk kurang nyaman bisa saja di akibatkan banyaknya bintang kecil yang menganggu,misal tungau,gurem,semut dan segala jenis binatang lain.Untuk menghindari hal tersebut,Juragan bisa menebarkan daun tembakau di sekitar lokasi induk mengeram..hal ini supaya beberapa binatang kecil seperti tungau dan gurem tidak berani mendekat..

Baca Juga: Cara melatih otot dan syaraf ayam bangkok

Suhu yang tepat supaya telur bisa menetas berkisar 37-39 cc dan harus stabil sampai 21 hari lamanya,Jika induk merasa nyaman,ia akan setia mengeram dan tidak sedikit-sedikit pergi meninggalkan telur tersebut..Keyamanan induk penting untuk selalu kita jaga untuk keberlangsungan telur menetas dengan sempurna..

Faktor lain adalah tempat atau kotak sarang telur,jika bahan yang kita gunakan kurang mampu untuk menyimpan panas,maka telur juga akan sering gagal menetas.Maka dari itu,Buatlah kotak kusus menggunakan papa dan alasi bawahnya menggunakan jerami.

Beberapa Cara Menetaskan telur Ayam Bangkok.

Mungkin cara menetaskan telur ayam bangkok sudah banyak juragan yang mengetahuinya,yaitu dengan cara alami,yaitu menggunakan induk yang mengeram dan dengan cara menggunakan mesin penetas telur yang bisa juragan buat sendiri atau beli yang sekarang ini banyak di perjual belikan secara bebas…

Jika juragan memang sengaja ternak ayam bangkok untuk bisnis,misal jual beli ayam bangkok,maka menggunakan mesin tetas akan lebih bagus untuk mempersingkat waktu dan hasil anakan yang di peroleh akan lebih cepat dan banyak..

Baca Juga: Membuat pakan ransum ayam bangkok

Induk hanya kita tempah kusus untuk menghasilkan telur tanpa harus melalui proses mengeram,cara inilah yang banyak di lakukan para peternak juragan ayam bangkok supaya lebih efisien dan cepat menghasilkan anakan untuk di perjual belikan…salam..

loading...

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.