Cara Merawat Anakan Cucak Ijo Umur 1-3 Bulan

Cara merawat anakan cucak ijo umur 1-3 bulan-Jika sebelumnya anakan burung cucak ijo kita lakukan perawatan sendiri,Bukan di rawat oleh induknya,maka ada cara serta teknik kusus agar anakan cucak ijo tersebut mampu tumbuh dengan cepat dan terhindar dari kematian..

Anakan cucak ijo yang masih memiliki umur di bawah 3 bulan,sangat rentan terhadap berbagai serangan jenis penyakit,maka dari itu,kita sebagai juragan akan lebih bagus jika melakukan pencegahan dengan cara melakukan perawatan secara benar…

Advertisement

banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika anakan cucak ijo tersebut kita lakukan pembesaran sendiri,sebaiknya,pada waktu anakan tersebut berumur 6 hari,kita ambil dari induknya,seterusnya kita lakukan perawatan dan pembesaran agar sang induk bisa istirahat sebentar selanjutnya ia akan mulai bertelur kembali..Cara Merawat Anakan Cucak Ijo Umur 1-3 Bulan

Manfaat yang kita dapat jika merawat anakan dari mulai kecil adalah..

  • Sang induk cucak ijo akan lebih cepat produktif,artinya dalam hitungan bulan bahkan hari,sang induk akan bertelur kembali..

  • Anakan cucak ijo yang di rawat oleh manusia sejak kecil akan lebih mudah beradaptasi,tidak klabakan jika di dekati oleh manusia/Liar.

  • Banyak yang mengatakan,anakan yang di hasilkan dari sistem penangkaran dan di besarkan oleh manusia akan lebih pandai berkicau dengan cepat.

  • Anakan tersebut akan lebih mudah untuk kita lakukan pelatihan dengan cepat,sehingga kita bisa menyesuaikan sesuai keinginan kita,atau bisa juga di lakukan pemasteran dengan burung yang kita mau.

  • Anakan cucak ijo yang kita besarkan sendiri,saat ikut lomba,ia lebih cenderung tidak mudah untuk stres,sebab ia akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkunganya..

    Advertisement

Selain keuntungan yang seperti saya jelaskan di tas,masih banyak lagi hal lainya yang tidak bisa kita sebutkan secara mendetail.yang pastinya,ada kedekatan antara juragan dengan burung peliharaanya,dengan demikian burung tersebut akan lebih cepat berkembang,mudah beradaptasi dan tidak liar..

Dalam masa perawatan anakan tersebut,jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan asupan pakan yang bergizi serta seimbang,agar cucak ijo cepat lebih besar,perlu kita berikan pakan sesuai habitat di alamnya..

Dengan memperhatikan pola pemberian pakan ini,maka bisa di harapkan anakan yang kuta rawat akan berkembang cepat besar dengan sempurna,beberapa pakan yang penting untuk kita berikan,bisa berupa..

  1. Pakan berupa adonan campuran pelet yang kita berikan air matang lalu di buat adonan bubur.
  2. jangkrik.
  3. beberapa vitamin berupa vitaim B compleks yang berupa sirup.
  4. kalsium yang berupa sirup..
  5. Air yang telah kita rebus dahulu/Masak.

Cara meloloh anakan cucak ijo di masa ini adalah sebagai berikut.

  1. Pakan berupa adonan pelet tersebut kita berikan air masak,buat seperti adonan,lalu bulatkan sebesar biji kacang,selanjutnya bisa kita lolohkan pada anakan cucak ijo..
  2. jangan lupa untuk selalu memberikan air minum jika kita memberikan pakan 2-3 butir adonan pelet tersebut.
  3. Dalam satu hari,bisa kita berikan 2 kali pemberian vitamin B compleks bisa pagi dan sore hari agar stamina dan ketahanan tubuh anakan cucak ijo tetap prima.
  4. berikan juga pakan tambahan berupa jangkrik secara selang-seling,misal,besok kita berikan jangkrik,besoknya tidak,begitu seterusnya..
  5. Untuk pemberian kalsium berupa sirup,bisa kita berikan selama 2 hari sekali di pagi hari.kalsium sendiri berguna untuk pertumbuhan tulang anakan cucak ijo agar tuang lebih besar dan kuat.

Pada pagi hari anakan wajib untuk kita lakukan penjemuran paling tidak selama 30 menit saja,usahakan di lakukan setiap hari jika muncul matahari,cara ini juga perlu kita lakukan agar badan anakan cucak ijo mampu menyerap vitamin D yang berasal dari sinar matahari langsung dan juga untuk membantu pertumbuhanya.semoga membantu..

loading...
Cara Merawat Anakan Cucak Ijo Umur 1-3 Bulan | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.