Melatih Ayam Pelung Dan Jenis Penyakit Ayam

Melatih ayam pelung dan jenis penyakit Ayam-Ayam pelung di kenal ayam unik dan bisa untuk di konteskan.selain melakukan pelatihan,perawatan dan jenis penyakit yang sering menyerang ayam pelung ini juga perlu di mengerti sebelum anda berminat untuk memelihara jenis ayam Ketawa ini.

Advertisement

Cara merawat dan melatih ayam pelung sangat sederhana.jika ayam kampung yang di butuhkan adalah dagingnya,lain dengan jenis ayam pelung ini,Ayam pelung yang di butuhkan adalah keunikan dalam berkokoknya.

Untuk perawatan harian ayam pelung cukup di berikan pakan yang memiliki kandungan gizi tinggi.pakan yang cocok untuk ayam pelung dari bakalan sampai dewasa bisa kita berikan Campuran jagung dan ketan atau beras merah yang tentuya kedua bahan pakan tersebut di tumbuk atau di giling secara halus.

Selain pakan di atas,extra Voding juga di butuhkan untuk ayam pelung ini,pakan tambahan yang bisa di berikan bisa berupa ikan,kodok dan belut .selain mampu menguatkan stamina,kesehatan ayam juga terjamin jika rutin di berikan pakan tambahan tersebut.Melatih Ayam Pelung Dan Jenis Penyakit Ayam

Ayam pelung juga sangat rentan terhadap serangan penyakit,berikut ini beberapa jenis penyakit yang sangat sering menjangkiti jenis ayam ini.

Totelo.

Advertisement

Jenis penyakit ini di akibatkan oleh adanya sebuah bakteri.dan yang paling parah lagi,jenis penyakit totelo ini bisa menular ke ayam lainnya bisa melalu udara,pakan serta alat yang kita gunakan sehari-harinya.

Selain dari itu,penularan jenis penyakat Totelo ini juga bisa di tularkan melalu binatang kecil,misal lalat,tikus,burung dll.penyakit ini bisa muncul dan menyerang ayam pelung karena faktor lingkungan yang kurang bersih.

Sesak Nafas.

Sesak nafas pada ayam pelung juga di sebabkan oleh adanya bakteri pada tubuhya.bakteri yang menyerang pada ayam pelung kusus menyerang pada bagian pernafasan,dengan demikian,ayam akan kesulitan dalam melakukan pernafasan.

Berak Kapur.

Jenis penyakit berak kapur juga di akibatkan oleh adanya bakteri.namun,ayam pelung yang terserang jenis penyakit berak kapur ini adalah ayam yang masih usia dini.dari mulai bibit hingga ayam menginjak dewasa.jika ada ayam pelung yang sudah terserang berak kapur ini,sebaiknya di pisahkan dengan ayam lainya.hal ini untuk mencegah menularnya penyakit pada ayam lainya yang masih sehat.

Selain penyakit yang kami sebutkan di atas,sebenarnya masih banyak lagi jenis penyakit lainya.jika ada waktu kesempatan,nanti akan saya bahas secara lengkap.cara menaggulangi dan pencegahan jika ayam pelung sudah terserang penyakit,sebaiknya ayam yang sakit di pisahkan atau di karantina,jangan di campur dengan ayam yang sehat.

Jika penyakit sudah kita anggap parang,maka jalan terbaiknya ayam tersebut kita musnahkan dengan cara di bakar.kebersihan lingkungan sekitar juga menentukan nasib ayam.agar ayam terhindar dari serangan penyakit,maka di sekiar kandang dan peralatan baik tempat pakan dan minum di jaga kebersihanya..semoga berguna…

Advertisement
Melatih Ayam Pelung Dan Jenis Penyakit Ayam | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.