3 Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, Dan Cara Membuatnya

Kandang Ayam Bangkok – Kandang adalah suatu hal yang penting saat Anda memelihara suatu hewan. Termasuk pula ayam bangkok ini juga harus memerlukan kadang.

Advertisement

Apalagi kandang yang dibuat bukan sembarang kandang lho, karena jika sembarang ditakutkan ayam akan mudah terkena penyakit.

Jadi ada baiknya untuk Anda membaca artikel berikut ini tentang 3 jenis kandang ayam bangkok, ukuran, dan cara membuatnya yang bisa diketahui. Yuk simak lebih lanjut yah.

3 Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, Dan Cara Membuatnya, Apa Saja?

3 Jenis Kandang Ayam Bangkok, Ukuran, Dan Cara Membuatnya

 

Dibawah ini merupakan beberapa 3 jenis kandang ayam bangkok, ukuran, dan cara membuatnya yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa jenisnya sebagai berikut ini :

Kandang Tidur

Untuk jenis kandang ayam bangkok yang pertama adalah kandang tidur. Jenis kandang yang satu ini memiliki ala dengan ketinggian 1,5 meter dari tanah  untuk menghindari dari suhu tanah yang dingin. Pastikan semua jenis kandang memiliki wadah pakan dan air minum sendiri.Baca Jamu Stamina Ayam Petarung Bangkok

Kandang Postal

Jenis kandang yang satu ini hanya dikhususkan bagi anak ayam yang baru menetas saja. Maka dari itu ukuran kandangnya terlihat sangat kecil dari pada kandang yang biasanya.

Ukuran kandang terkadang memiliki panjang 1 meter dan lebar 0,8 meter dan tingginya juga 1  meter. Ukuran seperti itu mampu menampung anak ayam 10-15 ekor lho.

Advertisement

Untuk dinding kandangnya Anda bisa menggunakan kawat dan bagian dalamnya lengkapilah dengan pemanas agar anakan tetap hangat, biasanya terbuat dari lampu bohlam.

Untuk alasnya bisa diberi jerami untuk menjaga kelembapan kandang. Lakukan pergantian alasnya minimal 3 hari.

Kandang Umbaran Satuan

Untuk jenis kandang yang selanjutnya adalah kandang umbaran satuan yang sangat multifungsi. Bisanya kandang ini digunakan sebagai tempat kawin   dan kandangan untuk anakan usia 1-3 bulan.

Biasanya kandang umbaran satuan ini dibuat dengan panjang 1,5 meter, lebar 1 meter dan tingginya 2, 5 meter.Baca Ayam Bangkok Petarung Bantat Vs Rewel

Untuk alasnya Anda bisa membiarkannya berupa tanah saja yang  telah dicampuri pasir. Ini dilakukan agar dapat membentuk cakar yang bagus pada jari-jarinya secara alami.

Nah, setelah mengetahui beberapa macam jenis kadang untuk ayam bangkok. Ada  baiknya untuk Anda juga dapat memahami lokasi yang sangat ideal sebagai tempat kandang. Berikut ini syarat-syaratnya :

  1. Pastikan lokasi sebagai tempat kandang nantinya di pagari secara permanen dengan seman atau batu batu. Anda juga dapat menggunakan bambu atau kawat sebagai pagar.
  2. Pastikan saluran airnya lancar, ini perlu diperhatikan agar saat hujan nantinya tidak menggenangi lingkungan kandang
  3. Pastikan kandang menghadap sinar matahari di pagi hari. Hal ini di[percaya agar ayam tidak dapat tertular penyakit dari luar.
  4. Pastikan tanah sebagai lokasi kandang banyak ditumbuhi rumput karena ayam bangkok sangat menyukai rumput
  5. Usahakan lokasinya memiliki jarak 5 meter dari rumah dan jauh dari kandang ayam lainnya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai 3 jenis kandang ayam bangkok, ukuran, dan cara membuatnya yang dapat Anda ketahui. Dalam membuat kandang pastikan Anda memperhatikan bahan atap, sanitasi, sirkulasi udara  dan sebagainya.Baca Sejarah Asal-Usul Ayam Bangkok

Ini dilakukan agar kesehatan ayam bangkok dapat terjaga dengan baik. semoga dengan adanya artikel ini dapa berguna dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih J

loading...

Leave a Reply

error: Tulisan Di lindungi DCMA.